Catatan Kehamilan ; Trimester 1, 2, 3 awal (28 minggu)

Alhamdulillah akhirnya bisa mosting lagi. Berasanya koq susah bgt gitu yang mau ngeblog,ckckckck….baru buka leppi udah buyar byar tuh ide yang mau diposting pdahal udah rencana mau posting inih ituh udah foto sanah foto sinih tetap aja gagal maning gagal maning. Yah mungkin kurang tekadnya aja kali ya? Padahal mah kalo dipaksa keturutan juga akhirnya dasar malas aja ni mah.hihihi…

Setelah musibah akhir desember tahun lalu, alhamdulillah hampir 3 bulan setelah itu Allah kembali memberi kepercayaan lagi padaku dan suami untuk kembali menjadi calon orang tua untuk janin yang saat ini aku kandung. Niat awalnya sih pinginnya rutin nulis tentang kehamilan ini biar jadi kenang2an dan juga kali aja bermanfaat, namun apa daya baru keturutan skrg. Oleh karena itu, demi niat awal tadi, dipostingan ini aku mau cerita seputar kehamilan diriku dari trimester 1,2 dan 3 awal.

Trimester 1

Akhir April 2015

waktu itu gak tahu tiba2 udah feeling aja kayaknya hamil lagi karena sudah hampir 7 hari tamu bulanan gak datang2. Setelah Harap2 cemas mau tespek apa gak? Bahkan sempat niat untuk nunggu sebulan aja lagi baru mau tespek karena baru telat 7 hari dan koq kayaknya kecepatan ya untuk tespek saat itu? Namun karena rasa penasaran banget akhirnya pas telat 10 hari ku beranikan tespek dan alhamdulillah hasilnya positif dengan penampakan dua garis yang sangat jelas. Senang rasanya karena Allah ngasih kepercayaan lagi kepada kami tanpa perlu menunggu waktu lama.

6 Juni 2015

Pertama kali periksa kembali ke dokter di salah satu rs swasta di depok dengan hitungan kehamilan saat itu udah memasuki usia 10 minggu. Alhamdulillah semuanya baik2 aja dan terlihat juga adanya detak jantung dedek. Lega rasanya tahu kalo kehamilan kedua ini normal. Dokter pun memberikan resep vitamin yang harus ku konsumsi selama hamil,yakni vitamin penambah darah dan juga kalsium. Ditrimester 1 ini berat badanku tak ada kenaikan sama sekali, tetap aja beratku masih 43 kg.

Adapun hasil usg dedek:
CRL (Ukuran dari puncak kepala ke ekor bayi) : 3.99 cm
GA (Usia kehamilan) : 10W6D
EDD (perkiraan lahir) : 27-12-2015

Berbeda dengan kehamilan pertama, yang mana gak begitu banyak keluhan bahkan saking fitnya kadang aku sampe lupa kalo sedang hamil muda, tapi yak juga akhirnya belum rejeki aku saat itu. Di kehamilan ini, khususnya ditrimester ini benar2 berasa euforia kehamilannya, yak karena adanya beberapa keluhan yang aku alami sbb:

1.Mual & muntah

Kalo ini kebanyakan bumil muda pasti ngerasain kan yak? Yak meski gak semua wanita pasti mengalami ini. Mual ini menemaniku hampir diseluruh trimester 1. Rasanya bener2 nguras nafsu makanku. Hampir semua masakan2 yang berbumbu dan juga nasi membuatku eneg dan mual kecuali mie indom** soto. Waduuuhh..hamil2 koq nafsunya sama mie? Iya aku juga bingung kenapa tiba2 doyan banget sama yang namanya mie soto ini. Padahal sebelum hamil bahkan selama ini aku gak gitu doyan sama mie soto karena favoritku memang mie rasa kari sejak dulu. Namun mau tak mau, tak melulu nafsu itu kuturuti karena si dedek pun perlu makanan yang sehat dan bergizi demi pertumbuhannya. Karena aku pun eneg sama nasi dan masakan2 berbumbu, maka untuk itu kusiasati dengan membuat bubur manado yang alhamdulilah gak bikin eneg. Yak, hampir trimester 1 ini ku bnyak mengkonsumsi bubur manado karena memang bubur ini tak memerlukan banyak bumbu masakan yang membuatku eneg bahkan membuatnya pun cukup mudah serta kandungan vitaminnya yang bagus karena adanya beberapa sayuran seperti bayam, jagung, labu kuning sebagai bahan utamanya selain beras. Selain itu, ku siasati juga dengan banyak makan buah2an seperti pisang, mangga, semangka, stroberi, apel, pir (buah ini sebenarnya rada bikin eneg juga tapi karena suami rajin beliin dan dalam beberapa riwayat hadist katanya pir ini bagus untuk ibu hamil jadi aku paksain aja makan buah ini dengan di jus), dan sebagainya.

Untuk muntah sendiri, ku baru ngalami pas usia kandunganku 3 bulan bertepatan dengan bulan puasa ramadhan. Meski bulan 1 & 2 tak henti2nya dilanda rasa mual tapi gak pernah sampe muntah, tapi pas dibulan puasa inilah baru ku mengalami yang namanya muntah meski gak gitu sering. Muntah ini kadang aku alami setelah berbuka puasa, bahkan selama puasa disiang hari yang berasa hanya mualnya saja. Aku tidak tahu apakah muntah ini juga karena maag aku apa tidak, yang pasti beberapa kali aku muntah selama kehamilan ini dan itu pun hanya setelah berbuka puasa.

2.Pipis melulu

Sering pipis ini merupakan situasi yang wajar di trimester 1. Ini terjadi karena rahim kita yang katanya terus berkembang yang menyebabkan tekanan pada kantung kemih sehingga rasanya pingin pipis melulu dan gak bisa ditahan. Sering pipis ini juga akhirnya membuat aku suka bangun tengah malam bahkan sampe beberapa kali terbangun hanya untuk pipis.

3.Nyeri perut dan flek

Nyeri dibagian perut kadang aku rasakan pula. Kalo rasa nyeri itu timbul, aku atasi dengan berbaring dan istirahat sejenak dan alhamdulilah rasa itu pun lama kelamaan reda. Dikehamilan kedua ini pun aku hanya dua kali saja mengalami flek dan tidak banyak, bahkan setelah dikonsultasi ke dokter pun tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

4.Suka pusing

Pusing ini suka timbul kalo lagi jalan2 keluar. Rasanya jalan keluar sebentar aja sudah pusing banget. Pernah suatu hari kebogor naik kereta, belum nyampe bogor keretanya, aku udah pusing aja dikereta, padahal suasana keretanya sepi banget. Sedangkan dikehamilan pertama, perjalanan sampai kebandung 2x PP itu juga fit2 aja dan gak pusing sama sekali.

5.Bawaanya ngantuk

Entah aku yang tukang molor apa emank bawaan bumil yak?hahaha…ehtapi beneran selama trimester 1 dikit2 ngantuk dikit2 ngantuk berasanya mau tidur terus.

6.Gak cocok minum susu hamil

Sempat kena diare pas 1 bulan pertama tapi gak tahu kalo penyebabnya adalah karena minum susu hamil. Pikirku awal2 penyebabnya karena kebanyakan makan mangga. Tapi setelah stop makan mangga tetap aja diarenya gak berenti. Akhirnya lama kelamaan curiga sama yang namanya susu hamil. Karena habis minum susu hamil gak lama setelahnya perut berasa dililit2 alias diarenya langsung kambuh, akhirnya stop minum susu hamil. Alhamdulilah diarenya pun berenti. Tapi karena masih pingin minum susu hamil, nyoba susu hamil merk lain karena mungkin penyebab diarenya gak cocok merk aja. Eh ternyata sdh nyobain 3 merk susu hamil hasilnya tetap sama2 diare maka ku putuskan gak minum susu hamil tapi diganti dengan minum susu biasa aja dan ternyata aku pun baik2 aja alias gak diare sama sekali.


Trimester 2

Ditrimester 2 ini hampir gak ada keluhan apapun, bahkan keluhan2 ditrimester 1 sedikit demi sedikit mereda. Nafsu makan juga sudah mulai membaik alias selera makanku sudah kembali seperti semula. Berat badan pun sudah mulai mengalami kenaikan.. Alhamdulilah ditrimester ini semuanya baik2 saja, baik ibu dan juga si dedek yang diperut, bahkan gerakan2 si dedek sudah berasa diperut.

Adapun beberapa jadwal kontrolku saat trimester 2 ini:

Pertama, tanggal 4 Juli 2015

Berat badan masih tetap 43 kg (kayaknya karena puasa juga sih jadi berat badan masih segini2 aja).

Kedua, tanggal 30 Juli 2015

Seharusnya jadwal kontrol 1 Oktober 2015, tapi sengaja dimajuin 2 hari lebih cepat karena malam tgl 29 sampai siang harinya pun aku ngalami kram perut yang lumayan menyakitkan sampai2 ku putuskan untuk bedrest total gak ngapa2in dirumah saat itu. Akhirnya pada tanggal 30 suami memutuskan untuk cuti dan mengantarkanku untk ngecek ke dokter dan Alhamdulillah kata dokter baik2 saja, hanya saja mungkin kecapain. Untuk berat badanku sudah naik jadi 47 kg.

Hasil usg dedek:
BPD (Ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan) : 4.21 cm
GA : 18W5D
EDD : 26-12-2015 (maju sehari)


Ketiga, tanggal 5 September 2015

Berat badan nambah lagi jadi 51 Kg. Selain diperiksa dgn usg, suster memeriksa janinku terlebih dahulu menggunakan dopler. Padahal sebelum2nya hanya diperiksa dengan usg aja, jadi pas diperiksa pake dopler amazing aja bisa denger langsung detak jantung si dedek. Oh iya, selain itu, aku juga disuruh periksa darah dan air seni di laboratorium oleh dokter. Jadi selesai dari dokter, aku langsung cus ke lab untuk diambil sampel darah dan air seninya dan untuk hasilnya sendiri aku ambil dibulan depan pas kontrol selanjutnya.

Hasil usg dedek:
BPD : 5.87 cm
GA : 24W
EDD : 26-12-2015

Trimester 3 awal (Usia 28 Minggu)

Trimester ke-3 ini gerakan dedek bayi aktif banget. kadang tengah malam aku sampe terbangun karena gerakannya yang berasa banget diperut. Selain itu beberapa keluhan sudah mulai muncul ditrimester ini, yakni:
1.Sering pipis
2.Heartburn atau rasa panas didada/ulu hati
Heartburn ini rasanya nyeri banget. Bahkan kadang tengah malam pun aku terbangun karena rasa sakit ini. Saran dari bidan untuk mengatasi ini salah satunya makan dengan porsi sedikit tapi sering dan juga biasanya kalo heartburn ini timbul biasa aku segera berbaring untuk meredakan sakitnya.
3.Sakit pinggang
4.Tidur malam tidak nyenyak

Di trimester ini juga, aku mencoba beralih ke bidan yang memang dari awal kehamilan pinginnya kalo bisa lahirannya dirumah aja dengan seorang bidan atau klo gak memungkinkan dirumah, yah gak apa2 dirumah bersalin asalkan dengan bidan saja. Tapi untuk kontrol ke dokter tetap aku lakuin. Alhamdulilah akhirnya ketemu juga dengan seorang bidan yang alamatnya gak begitu jauh dari rumah

Jadwal kontrol ditrimester ini :


Pertama, tanggal 3 Oktober 2015 (Dengan dokter)

Berat badanku nambah menjadi 54 kg. Selain itu seperti yang aku bilang sebelumnya bahwa di kontrol sebelumnya aku disuruh cek darah dan air seni,maka di kontrol yang ini dokter ngebacain hasil labku yg udah keluar. Alhamdulillah hasilnya semua normal dan baik, hanya saja kadar HB aku yang pas2an banget jadi jangan sampai waktu lahiran nanti malah turun, bahkan kalo bisa harus naik. Untuk posisi kepala dedek kata dokter sudah bagus karena posisi kepalanya udah dibawah mengarah kejalan lahir. Selain itu posisi plasenta juga tidak menutupi jalan lahir.

Hasil usg dedek :
BPD : 7.07 cm
GA : 28W
EDD : 23-12-2015 (maju lagi 3 hari)

Kedua. Tanggal 4 Oktober 2015 (Dengan Bidan)

Seperti yang aku bilang diatas, ditrimester ini aku mulai beralih ke bidan juga dan ini baru pertama kali ke bidan. Alhamdulillah dari rumah ke sana bisa lewat jalan kecil gitu jadi berasa lebih dekat dan gak kena macet sama sekali. Pertama kali kesana ternyata ramai juga, ada beberapa bapak2 alias suami2 para bumil yang lain lagi nunggu istrinya periksa dan usut punya usut ternyata selain periksa si bumil2 ini habis yoga hamil sebelumnya. Pantesan saja! Dibidan ini memang mengadakan kelas yoga disetiap hari sabtu dan minggu. Jadi, para bumil yang kontrol kesini bisa ikutan yoganya sekalian. Tapi tetap harus daftar dlu sehari sebelumnya via wa, takutnya kuotanya udah penuh, karena memang tempatnya yang terbatas.

Karena baru pertama kali dan memang aku ujug2 aja dtg tanpa buat janji sebelumnya, jadi aku nunggu para bumil2 yang lain selesai periksa baru datanglah giliranku diperiksa. Bidannya ramah dan pro banget untuk bumil lahiran normal, Karena emank beliau seorang yang faham dan mendalami tentang konsep gentle birth. Awalnya kenapa aku pingin lahiran dibidan bukan karena konsep gentle birthnya, melainkan memang aku rada kurang nyaman dengan suasana rumah sakit. Dari kehamilan pertama yang sempat keguguran memang sudah berniat untuk lahiran maunya sama bidan saja selama kehamilanku baik2 saja dan suami pun menyetujuinya. Itu pun aku belum mengenal konsep gentle birth. Namun dikehamilan sekarang ini, karena rajin seluncur diforum2 kehamilan akhirnya berkenalan juga dengan konsep gentle birth dan rasanya pas banget dengan apa yang aku inginkan selama ini ditambah lagi ketemu sama salah satu bidan praktisi gentle birth.

Bu bidan banyak ngasih nasehat tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan kalo mau lahiran normal, salah satunya yang paling simpel untuk dilakuin yaitu harus rajin jalan kaki ditrimester 3 ini. Karena dengan jalan kaki bisa menguatkan otot2 yang dibutuhkan dalam persalinan sehingga mempermudah proses persalinan. Selain itu, aku juga disarankan untuk mengkonsumsi buah bit karena kandungannya bagus untuk meningkatkan kadar HB. Alhamdulilah aku langsung sreg sama bidan ini dan berniat untuk kontrol selanjutnya kesini sekaligus ikut kelas yoganya.

Itulah pengalaman yang aku alami ditrimester 1,2 & 3 (usia 28 Minggu) kehamilanku. Meski rasanya kadang lelah dan tak nyaman, tapi semua tergantung kita menyikapinya. Dukungan suami juga jadi faktor terpenting selama masa kehamilan ini lho. Pak suami ini juga gak kalah heboh sama istrinya, yang gak pernah absen menemaniku kontrol bahkan hampir setiap kontrol yang paling bawel nanya ini itu ke dokter dan bidan sapa lagi kalo bukan pak suami. Rasa lelah dan tak nyaman itu tak ada apa2nya dibandingkan melihat perhatian suami yang begitu besar, apalagi ketika merasakan gerakan2 si dedek di perut. Rasanya benar2 amazing bisa merasakan setiap gerakannya meski hanya merabanya diatas perut. Apalagi setiap mengelus-elus perut, sontak ia pun langsung bergerak seakan2 ia menyambut setiap panggilan kita. Ahh..gak sabar rasanya menunggu hari H nya tiba dan menyaksikannya langsung setiap saat. Semoga sehat selalu ya nak didalam sana.

Iklan

10 Comments Add yours

  1. Maya berkata:

    Selamat ya mba Ami. Semoga sehat selalu dan dimudahkan ketika hari H πŸ™‚

    1. Amy Rahmi berkata:

      Amin..Makasih mbak Maya πŸ™‚

    1. Amy Rahmi berkata:

      thanks mbak Tyke πŸ™‚

  2. mysukmana berkata:

    Lama gak kelihatan.selamat ya mbk udah berbadan dua πŸ™‚

    1. Amy Rahmi berkata:

      iya nih udh jarang ngeblog lgi belakangan ini mulai ngedown lgi semangatnya, xixixi..
      makasih πŸ™‚

      1. mysukmana berkata:

        ayo semangat, tak semangatin dari sini kak πŸ™‚

  3. Sekar berkata:

    semoga sehat-sehat sampai lahir ya mbak amii πŸ™‚

    1. Amy Rahmi berkata:

      Amienn..makasih mbak sekar πŸ™‚

  4. Muh sahid berkata:

    Selamat ya atas kelahirannya…

Komen Yuukk!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s