Ke Cibulan

on

Welcome to Juni..yah walopun ngucapinnya udh kelewat basi secara gitu ini udah masuk hari ke 5 dibulan juni tapi gapapalah,hihi..Kalo masuk bulan juni ini berasa makin tua aja jadinya, pdahal kan pinginnya makin muda gituh, mimpi kali yak? šŸ˜† *abaikan*

Jadi nih, daku mau cerita tentang liburan kemarin daku ke kuningan yang sebenarnya nggak direncanain sama sekali. Bermula dari akhir bulan mei yang banyak tanggal merahnya bikin daku mupeng jalan2 keluar kota. Daku sama uni teman sekamar daku udah bikin plannya antara pergi ke jogja atau ke wisata guci. Ehtapi semuanya gagal karena 2 teman kantor daku duluan ngambil cuti dan dikantor kosong melompong kagak ada orang. Di Kantor daku ini staffnya emank sedikit bingit, jadi kalo ngilang 2/3 orang yasutralah tak bisa kemana2 sisanya, nasib..nasib..kayak daku kemarin noh. Ehtapi kebetulan ada kakak kelas daku yang merupakan staff perpustakaan tempat daku kerja merid minggu kemarin. Teman kantor daku yang lain yang tak kemana2 pula ngajakin ke acara nikahan kakak kelas daku ituh yang jauhnya nauzubillah *geleng2 kepala* Iya jauh bener cuy! karena kakak kelas daku ini orang kuningan dan istrinya orang sana juga, mau tak mau kita kondangannya kesana kan? Daku sih emank niat datang sekaligus jalan2 donk ngerasain daerah baru yang belum pernah dikunjungi #aseeeeekk#

Kita berangkat hari sabtu jam 11 malam dari sawangan depok dan sampai di kuningan jam 8 pagi. Huwaaa…gila jauh bener kan? secara ditambah perbaikan2 jalan di beberapa titik yang ternyata bikin tambah lama perjalanan kita. Katanya sih sebenarnya cuma 6/7 jam aja normalnya, yah karena perbaikan jalan tadi mangkanya bikin lama. Cibingbin tepatnya nama desa kakak kelas daku yang nikah. Salah satu desa yang ada dikuningan dan serunya jalanannya udah kayak ular saking banyaknya tikungan yang berkelak kelok sukses bikin daku puyeng, belon lagi pemandangan sawah yang hijau itu bikin mata nggak kedip deh,hihi..

Setelah kondangan, sekitar jam 12 siang kita pamitan untuk kembali ke depok dan emank niatnya sekalian jalan2, yak kita nyari beberapa tempat wisata disekitar kuningan yang gampang dijangkau alias yang searah jalan pulang biar nggak ribet muter2 arah. Nah, akhirnya kepilihlah wisata ke bulan, eh salah ding Cibulan maksudnya,hehe..Cibulan ini ternyata tempat wisata yang melegenda karena merupakan obyek wisata tertua dikuningan. Bagi daku tempat wisata ini biasa aja waktu pertama kali datang, karena hanya sekedar tempat wisata pemandian pada umumnya tapi ternyata dibalik itu semua wisata ini menyimpan legenda tersendiri bagi para warga sekitar. Terdiri dari 2 kolam besar yang mana didalamnya terdapat ikan kancra bodas atau lebih dikenal dengan ikan dewa dan 1 kolam lagi yang nggak berisi ikan dewa alias pure air doank. Dengan membayar 12ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati wisata ini dengan berenang bersama ikan2 tersebut. Sejujurnya daku rada ogah2an waktu ditawarin kesana, karena berenang bareng ikan2 koq membayangkannya aja geli yak dan juga takut digigit *dikira ikan piranha kali ye?*

2014-06-01 15.03.31

IMG-20140602-WA0007

2014-06-01 15.03.22

IMG_20140601_145551

Daku yang emank niat dari awal tak mau nyebur ke kolam dan juga karena nggak bisa renang sih *ketahuan deh* cuma ngiter2 aja disana dan akhirnya diceritain sama bapak yang nyetir mobil kita yang emank asli kuningan kalo ternyata ikan dewa itu ikan kramat. Ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini konon dahulunya adalah prajurit2 yang membangkang pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Lalu prajurit2 yang membangkang tersebut dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan. Terus menurut legenda juga, ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya nggak pernah berkurang atopun bertambah. Kalo kolamnya dikuras, ikan2 nya pada ilang nggak tahu kemana, namun saat kolam diisi air lagi, ikan2nya kembali lagi deh dengan jumlah seperti semula.

Kemudian, selain legenda ikan dewa ini, disana juga ada tujuh sumur yang punya legenda tersendiri pula. Tujuh sumur ini bernama: Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Di antara ketujuh sumur itu, ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana. Apabila ada orang yang sedang mujur dan dapat melihat wujud dari Kepiting Emas itu, maka segala keinginannya akan terkabul(sumber wikipedia). Tapi sayang daku nggak ke sumur ini, karena baru tahu ada sumur ini setelah keluar tempat wisata, masa mau balik lagi? takut ditinggal rombongan bo’, pinginnya sih balik sapa tahu bisa ketemu kepiting emas biar daku bisa minta permohonan agar setiap bulan juni daku nggak jadi tambah tua,haha..*masih ngarep*

Nah lho? benar2 melegendakan tempat wisatanya. Meski hanya sebuah wisata kolam renang kayak umumnya tapi ternyata menyimpan legenda dan kepercayaan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi para pengunjungnya. Daku juga baru ber-wow2 setelah mendengar dan membaca sejarah wisata Cibulan ini.

Jadi rencana jalan2 ke luar kota nggak gagal2 banget kan? yah meski nggak sesuai rencana tapi puaslah ke kuningan, puas makannya, puas wisatanya,puas dijalannya dan puas capeknyaaaaa. šŸ˜€

Iklan

11 Comments Add yours

  1. ayanapunya berkata:

    Yang penting jalan-jalan yak. Hehe

    1. amy syahmid berkata:

      iya mbak, dari pada nggak jalan sama sekali, ke kuningan juga udah puas,hihi..

  2. siti berkata:

    thanks telah follow, salam kenal ya mbak…

    1. amy syahmid berkata:

      sama2

      salam kenal juga mbak Siti šŸ™‚

  3. jampang berkata:

    di kolam itu ada anak-anak yang berenang dan ngambilin uang yang dilempar nggak?

    eh… jangan2 tempatnya lain šŸ˜€

    1. amy syahmid berkata:

      iya ada,pernah kesana juga ya? šŸ˜€

      1. jampang berkata:

        ya nggak tahu namanya, cuma ya kondisinya seperti itu. saya pernah nulis ceritanya šŸ˜€

      2. Amy Rahmi berkata:

        haha..lucu bang jampang ini, masa kesana tapi nggak tahu namanya,hihi..yang pasti kalo ada ikan dewa dan tujuh sumurnya itu cibulan namanya šŸ˜€

  4. syahid berkata:

    ditambah 5 jam perjalanan lagi sudah sampai di lokasiku, yang tidak kalah menarik wisatanya
    salam kenal

    1. Amy Rahmi berkata:

      wow…puas dah itu ngukur jalanan,haha..yak kapan2 dah ke lokasi sampean,hihi

      salam kenal juga šŸ™‚

  5. Muh sahid berkata:

    bukan puas lagi, tapi ampe lecet hahah

Komen Yuukk!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s