don’t feel alone

Tak terasa sudah 8 tahun hidup terpisah dari keluarga tercinta,siapa yang menyangka bahkan diriku sendiri pun tak menyangka bisa hidup jauh dari keluarga. tapi ternyata semua itu membawaku pada sebuah perjalan hidup yang penuh dengan suka duka dan pastinya penuh tantangan.
aku hanyalah seorang yang untuk pergi sendirian kepasar dekat rumah saja takut, yang selalu tidak pernah berani untuk pergi sendirian tanpa ortu dan teman, tapi ketika sma semua itu berubah, ku beranikan diri untuk hidup jauh dari keluarga, tidak tanggung2, kalau teman2 sy pada jauh dari orang tua namun masih 1 pulau, namun saya benar2 jauh, sy beranikan diri untuk bersekolah di luar pulau, di tambah dengan pulang yang hanya 1 tahun sekali,whaaaaaaaaaaaaaaaaa……….. kebayang g sih?? awalnya bapakku tak mengijinkanku, namun karena aku yang bersikeras untuk pergi dan janji akan betah, mau tak mau ia pun luluh,hehe…., lalu perjalanan pun dimulai, awal dari petualanganku hidup dinegeri orang dan jauh dari keluarga. sebelum pergi, ada suatu yang sangat mengejutkanku, karena bapakku, yang terkenal cuek sm anak2nya tiba2 mengecup keningku, itulah saat pertama kali ia mengecup keningku pada usia remajaku saat itu. padahal dulu ketika kecil bisa dikatakan aku sangat dekat dengannya, namun beranjak usia remaja, hubungan kami tidak sedekat dulu. yah bapakku seorang tipe yang jarang menunjukkan rasa kasih sayangnya secara terang-terangan seperti bapaknya teman2 aku yang lain (sempat iri sm teman2 smp yag sangat dekat dng bapaknya,hiks..hiks..hiks). Namun yang pasti ia adl seorang bapak yang penuh cinta kasih kepada anak2nya. itulah orang tua, mereka punya cara tersendiri untuk mencintai dan menyayangi anak2nya dan dari situ ku tahu bahwa iya sangat menyayangiku…i miss u, my father…

selama 3 tahun aku berada jauh dari keluarga, namun tak membuatku takut, ternyata diluar sini banyak hal yang sangat menarik. aku bersekolah dengan program asrama dan disinilah ku dapatkan banyak teman, cerita, pengalaman dan yang paling penting adl pelajaran. ini semua mungkin tak kan kudapat jika aku tak berani untuk keluar rumah,hahaha…yah semua kenangan suka duka selama SMA menjadi suatu pengalaman hidup yang tak terlupakan dan mereka semua bagaikan sebuah keluarga baru bagiku. GESMA merupakan nama yang kami pilih.3 tahun yang begitu cepat ini namun tidak menghilangkan rasa kebersamaan kita semua. Media saat ini benar2 sangat membantu kami untuk bisa bersilaturahmi selalu, HP, FB, YM, dsb.i really miss u GESMA..

Habis main kasti ujuk-ujuk lansung suruh foto
Habis main kasti ujuk-ujuk lansung suruh foto
Gesma Science Study Tour ke taman bunga
Gesma Science Study Tour ke taman bunga
study tour
study tour

berselang 3 tahun, aku kembali ke kampung halaman tercinta dan aku bertekad untuk kuliah di daerahku saja. tapi karena saat itu, adikku habis terkena suatu musibah dan dirawat di rumah sakit selama hampir 1 bulan lebih, maka biaya untuk aku masuk kuliah di universitas negeri yang aku inginkan di sana tak cukup dan mamaku berjanji untuk tahun depan saja mendaftarkan aku disana. aku pun menerimanya, karena aku yang berniat ingin mengambil jurusan farmasi masih belum merasa siap juga untuk tes waktu dekat ini meski sempat nyesak karena ini artinya aku harus jadi pengguran selama 1 tahun, oh, No!!!!.
Namun cerita berubah (yah itulah rahasia Tuhan), tiba2 teman aku di jakarta menawarkan aku beasiswa full di suatu perguruan tinggi swasta. aku pun memikirkan tawaran ini dengan sangat…karena jurusan yang di tawarkan adalah jurusan guru agama dan aku masih tergiur untuk terjun didunia farmasi. namun karena tak mau jadi penganggurandan karena ini beasiswa full (setidaknya meringankan biaya bagi orang tua) maka aku pun mengambil tawaran ini dan jadilah aku pergi lagi untuk belajar di jakarta. yah dengan jaminan 4 tahun waktu yang diberikan untuk mnyelesaikan s1 dengan program berasrama. asram lagi..asrama lagi…tapi dari sini ku dapatkan lagi keluarga baru, pengalaman dan pelajaran berharga dalam hidup. jurusan Agama ternyataaaaa???? tidak buruk dan aku benar2 cinta sm jurusan ini (bahkan aku berniat untuk nerusin s2 dng jurusan yang berbau agama)
Tidak seperti ketika SMA, ternyata permasalahan yang datang pun lebih terasa rumit, yah it’s complicated.
aku pun sempat menyerah untuk hidup disini, namun it’s challenge,it’s a life, bukan hidup namanya kalau tidak ada masalah dan tantangan.yah…..dan aku pun akhirnya bertahan. kujalani hidup 4 tahun hingga selesai dan ternyata nggak berakhir sampai disini. setelah lulus, aku pun langsung ditawarin bekerja di kampus dan it’s really..really..good news, thanks GOD.Siapa yang tahu pasti jalan kehidupan manusia??? aku selalu berfikir untuk tidak menyerah dalam hidup ini, karena di balik ketakutan kita akan sesuatu,Tuhan pasti akan menghadirkan sesuatu yang lebih indah dari itu semua. lawanlah ketakutan itu dengan keyakinan bahwa kau bisa dan kau tak sendirian, karena Tuhan tak akan pernah menghianatimu, Dia akan selalu ada bersamamu disaat kau membutuhkannya.
meski keluarga tercintaku tak ada disampingku saat ini,namun Tuhan tak pernah membiarkanku sendiri, ia mengirimkan keluarga baru bagiku disini.Teman-teman asrama bagaikan keluarga bagiku. meski baru berumur 5 tahun, namun rasa kebersamaan semoga tidak pernah hilang.

piknik ke pulau seribu
piknik ke pulau seribu
lagi beli makan tempat ibu haji
lagi beli makan tempat ibu haji
metik jambu di rumah ena
metik jambu di rumah ena

jadi, bagi mereka yang jauh dari orang tua dan keluarga tak usah bersedih hati apalagi merasa sendiri. kau akan menemukan banyak keluarga diluar sana dan rasakan indahnya serta nyamannya memiliki banyak keluarga.

One Comment Add yours

Komen Yuukk!!!

