kisah kelahiran anak pertama

Tag

, , , ,

Sekian bulan gak buka blog berasa kudet banget rasanya, apalagi ngeliat blog sendiri yang udah gak terurus sama sekali tapi alhamdulillah masih ada yg follow dan mau komen2 dimari makasiih yaahh..habisnya sejak punya baby rasa malasnya jd berlipat ganda,kalo ada waktu luang ya alias si baby sudah tidur langsung deh emaknya ikut tidur jugak,hihi…yah karena emank dirumah ngurus baby cuma berdua sajah dengan suami semenjak babyku genap usia 2 minggu (sebelumnya masih ada mama menemani), so rasanya emank bener2 menguras seluruh tenaga dan pikiran bahkan emosi pun gak kalah dikuras deh,haha..
Oke, kembali ke judul yak, niatnya mah udah dari baby lahir pingin banget cerita diblog ttg proses kelahirannya yang juga bikin emaknya h2c alias harap2 cemas karena si baby gak kunjung keluar dari perut daku padahal udah lewat dari hpl. 26 des 2015 adalah tanggal hpl babyku namun tak ada tanda2 sedikitpun yang menunjukkan dia akan keluar tapi karena kata dokter air ketuban masih bagus maka aku memutuskan untuk menunggu seminggu lagi.

5 Januari 2016

Seminggu pun berlalu bahkan lebih dan tetap si baby masih betah diperutku sampai akhirnya ibu bidan tempat aku periksa dan niatanku memang mau lahir disana pun kembali dari kampungnya, langsung deh ku datang kesana dan memeriksakan kandunganku yang udh berusia 41w4d. Ibu bidan mencoba menenangkanku dengan cerita2 ibu yang lahir lewat dr hpl dan menyuruhku untk menunggu sampai usia 42w bahkan dia meyakinkanku bahwa si baby bakal lahir gak lama lagi. Setelah pulang dari bidan kuputuskan untuk mencoba makan duren lagi, eh iya sebelumnya daku sudah pernah makan duren waktu itu karena emank duren bisa merangsang kontraksi alami namun setelah daku makan duren koq si baby diperut jdi diam gak seaktif biasanya so aku pun gak berani lagi makan duren namun karena udah hopeless bgt karena berbagai hal udh dilakuin dari makan nanas, hubungan, jalan kaki sejauh mungkin (bahkan ini udah aku lakuin dari usia kandungan 7bulan) dan yoga buat merangsang kontraksi tp tetap tak kunjung datang, akhirnya ku putuskan makan duren lagi hari itu dan ternyata berhasil membuat air ketubanku rembes deh siang itu sekitar jam 2 siang sedangkan daku makan duren sekitar jam 12an (entah emank karena duren atau kebetulan aja udh waktunya kali yak??? ) tapi anehnya gak ada kontraksi cm air ketuban doank yang mengalir terus. Aku pun lgsg sms bu bidan dan bu bidan menyuruhku untuk kesana segera namun karena suamiku belum pulang kerja maka kuputuskan untuk menunggu suami baru kesana. Bu bidan pun mengiyakan keputusanku serta menyuruhku utk tidak banyak bergerak dan hrus minum yang banyak.

Suamiku pun pulang kerja sekitar jam 7 malam dan kami pun segera bersiap untuk keklinik bidan. Sampai saat itu pun belum ada rasa kontraksi yang datang padaku padahal air ketuban masih keluar kalo aku banyak bergerak dan akhirnya daku pun baru berangkat ke bidan jam 9 malam. Sampai disana di cek baru bukaan 1 dan sama sekali belum ada kontraksi karena daku pun masih bisa senyum2 cengengesan becanda sama suami.

6 Januari 2016

Sekitar pukul 12 malam rasa itu datang dan sukses membuatku lupa semua teknik yg pernah kupelajari wkt yoga. Yang ku ingat cm tarik nafas buang nafas saat kontraksi itu datang tapi koq rasanya tetap sakit yaakk??haha…yaiyalah itu namanya kontraksi meh. Semua posisi rasanya serba salah deh ya? Sampai akhirnya nyampe jg bukaan lengkap sekitar jam 6an pagi dan rasanya lega banget udah boleh ngejan namun udah kucoba ngejan sekuat tenaga bahkan lebih dari 2 jam kucoba tetap si baby gak keluar2, akhirnya mau tak mau aku pun dirujuk ke rs karena ada kemungkinan panggulku sempit untuk jalan keluar babyku dan operasi caesar pun ku jalani pada akhirnya. Alhamdulillah setelah operasi lahirlah anak pertama kami berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3.65 kg (tuh kan gede) dan panjang 51 cm yang kami beri nama Ali Husain Akbar pada hari rabu , 6 januari 2016.

Selamat datang sayaaang

Selamat datang sayaaang

setelah 4 hari dirawat, dokter pun membolehkanku pulang namun ternyata tidak untuk bayiku karena kadar bilirubinnya tinggi membuatnya harus diterapi dengan sinar biru selama 24 jam. Huwaaaa…rasanya sedihnya gak ketulungan, begini toh rasanya jadi ibu? hiks..hiks..hiks.. dan keesokan harinya pun babyku sudah diperbolehkan pulang karena kadar bilirubinnya sudah normal.

20160110_091736

Gak berasa sekarang baby husain sudah berumur 4 bln. Berat badannya pun makin nambah nih sampai2 bikin daku gak kuat kalo ngengendong dia lama2. Yah, karena baby husain lahir dengan berat badan yg lumayan besar jadi diusia 4bln ini pun dia udah kayak baby usia 7 blnan kalo kata orang. Berat badannya setiap bulan naikknya gak nanggung2 nih baby, bisa sampai 1,5 kg lebih, padahal doi asi eksklusif tapi gpp yang terpenting baby husain sehat selalu ya nak.

Baby husain dari bulan 1 sampai bulan ke-4

Baby husain dari bulan 1 sampai bulan ke-4

Catatan Kehamilan ; Trimester 1, 2, 3 awal (28 minggu)

Alhamdulillah akhirnya bisa mosting lagi. Berasanya koq susah bgt gitu yang mau ngeblog,ckckckck….baru buka leppi udah buyar byar tuh ide yang mau diposting pdahal udah rencana mau posting inih ituh udah foto sanah foto sinih tetap aja gagal maning gagal maning. Yah mungkin kurang tekadnya aja kali ya? Padahal mah kalo dipaksa keturutan juga akhirnya dasar malas aja ni mah.hihihi…

Setelah musibah akhir desember tahun lalu, alhamdulillah hampir 3 bulan setelah itu Allah kembali memberi kepercayaan lagi padaku dan suami untuk kembali menjadi calon orang tua untuk janin yang saat ini aku kandung. Niat awalnya sih pinginnya rutin nulis tentang kehamilan ini biar jadi kenang2an dan juga kali aja bermanfaat, namun apa daya baru keturutan skrg. Oleh karena itu, demi niat awal tadi, dipostingan ini aku mau cerita seputar kehamilan diriku dari trimester 1,2 dan 3 awal.

Trimester 1

Akhir April 2015

waktu itu gak tahu tiba2 udah feeling aja kayaknya hamil lagi karena sudah hampir 7 hari tamu bulanan gak datang2. Setelah Harap2 cemas mau tespek apa gak? Bahkan sempat niat untuk nunggu sebulan aja lagi baru mau tespek karena baru telat 7 hari dan koq kayaknya kecepatan ya untuk tespek saat itu? Namun karena rasa penasaran banget akhirnya pas telat 10 hari ku beranikan tespek dan alhamdulillah hasilnya positif dengan penampakan dua garis yang sangat jelas. Senang rasanya karena Allah ngasih kepercayaan lagi kepada kami tanpa perlu menunggu waktu lama.

6 Juni 2015

Pertama kali periksa kembali ke dokter di salah satu rs swasta di depok dengan hitungan kehamilan saat itu udah memasuki usia 10 minggu. Alhamdulillah semuanya baik2 aja dan terlihat juga adanya detak jantung dedek. Lega rasanya tahu kalo kehamilan kedua ini normal. Dokter pun memberikan resep vitamin yang harus ku konsumsi selama hamil,yakni vitamin penambah darah dan juga kalsium. Ditrimester 1 ini berat badanku tak ada kenaikan sama sekali, tetap aja beratku masih 43 kg.

Adapun hasil usg dedek:
CRL (Ukuran dari puncak kepala ke ekor bayi) : 3.99 cm
GA (Usia kehamilan) : 10W6D
EDD (perkiraan lahir) : 27-12-2015

Berbeda dengan kehamilan pertama, yang mana gak begitu banyak keluhan bahkan saking fitnya kadang aku sampe lupa kalo sedang hamil muda, tapi yak juga akhirnya belum rejeki aku saat itu. Di kehamilan ini, khususnya ditrimester ini benar2 berasa euforia kehamilannya, yak karena adanya beberapa keluhan yang aku alami sbb:

1.Mual & muntah

Kalo ini kebanyakan bumil muda pasti ngerasain kan yak? Yak meski gak semua wanita pasti mengalami ini. Mual ini menemaniku hampir diseluruh trimester 1. Rasanya bener2 nguras nafsu makanku. Hampir semua masakan2 yang berbumbu dan juga nasi membuatku eneg dan mual kecuali mie indom** soto. Waduuuhh..hamil2 koq nafsunya sama mie? Iya aku juga bingung kenapa tiba2 doyan banget sama yang namanya mie soto ini. Padahal sebelum hamil bahkan selama ini aku gak gitu doyan sama mie soto karena favoritku memang mie rasa kari sejak dulu. Namun mau tak mau, tak melulu nafsu itu kuturuti karena si dedek pun perlu makanan yang sehat dan bergizi demi pertumbuhannya. Karena aku pun eneg sama nasi dan masakan2 berbumbu, maka untuk itu kusiasati dengan membuat bubur manado yang alhamdulilah gak bikin eneg. Yak, hampir trimester 1 ini ku bnyak mengkonsumsi bubur manado karena memang bubur ini tak memerlukan banyak bumbu masakan yang membuatku eneg bahkan membuatnya pun cukup mudah serta kandungan vitaminnya yang bagus karena adanya beberapa sayuran seperti bayam, jagung, labu kuning sebagai bahan utamanya selain beras. Selain itu, ku siasati juga dengan banyak makan buah2an seperti pisang, mangga, semangka, stroberi, apel, pir (buah ini sebenarnya rada bikin eneg juga tapi karena suami rajin beliin dan dalam beberapa riwayat hadist katanya pir ini bagus untuk ibu hamil jadi aku paksain aja makan buah ini dengan di jus), dan sebagainya.

Untuk muntah sendiri, ku baru ngalami pas usia kandunganku 3 bulan bertepatan dengan bulan puasa ramadhan. Meski bulan 1 & 2 tak henti2nya dilanda rasa mual tapi gak pernah sampe muntah, tapi pas dibulan puasa inilah baru ku mengalami yang namanya muntah meski gak gitu sering. Muntah ini kadang aku alami setelah berbuka puasa, bahkan selama puasa disiang hari yang berasa hanya mualnya saja. Aku tidak tahu apakah muntah ini juga karena maag aku apa tidak, yang pasti beberapa kali aku muntah selama kehamilan ini dan itu pun hanya setelah berbuka puasa.

2.Pipis melulu

Sering pipis ini merupakan situasi yang wajar di trimester 1. Ini terjadi karena rahim kita yang katanya terus berkembang yang menyebabkan tekanan pada kantung kemih sehingga rasanya pingin pipis melulu dan gak bisa ditahan. Sering pipis ini juga akhirnya membuat aku suka bangun tengah malam bahkan sampe beberapa kali terbangun hanya untuk pipis.

3.Nyeri perut dan flek

Nyeri dibagian perut kadang aku rasakan pula. Kalo rasa nyeri itu timbul, aku atasi dengan berbaring dan istirahat sejenak dan alhamdulilah rasa itu pun lama kelamaan reda. Dikehamilan kedua ini pun aku hanya dua kali saja mengalami flek dan tidak banyak, bahkan setelah dikonsultasi ke dokter pun tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

4.Suka pusing

Pusing ini suka timbul kalo lagi jalan2 keluar. Rasanya jalan keluar sebentar aja sudah pusing banget. Pernah suatu hari kebogor naik kereta, belum nyampe bogor keretanya, aku udah pusing aja dikereta, padahal suasana keretanya sepi banget. Sedangkan dikehamilan pertama, perjalanan sampai kebandung 2x PP itu juga fit2 aja dan gak pusing sama sekali.

5.Bawaanya ngantuk

Entah aku yang tukang molor apa emank bawaan bumil yak?hahaha…ehtapi beneran selama trimester 1 dikit2 ngantuk dikit2 ngantuk berasanya mau tidur terus.

6.Gak cocok minum susu hamil

Sempat kena diare pas 1 bulan pertama tapi gak tahu kalo penyebabnya adalah karena minum susu hamil. Pikirku awal2 penyebabnya karena kebanyakan makan mangga. Tapi setelah stop makan mangga tetap aja diarenya gak berenti. Akhirnya lama kelamaan curiga sama yang namanya susu hamil. Karena habis minum susu hamil gak lama setelahnya perut berasa dililit2 alias diarenya langsung kambuh, akhirnya stop minum susu hamil. Alhamdulilah diarenya pun berenti. Tapi karena masih pingin minum susu hamil, nyoba susu hamil merk lain karena mungkin penyebab diarenya gak cocok merk aja. Eh ternyata sdh nyobain 3 merk susu hamil hasilnya tetap sama2 diare maka ku putuskan gak minum susu hamil tapi diganti dengan minum susu biasa aja dan ternyata aku pun baik2 aja alias gak diare sama sekali.


Trimester 2

Ditrimester 2 ini hampir gak ada keluhan apapun, bahkan keluhan2 ditrimester 1 sedikit demi sedikit mereda. Nafsu makan juga sudah mulai membaik alias selera makanku sudah kembali seperti semula. Berat badan pun sudah mulai mengalami kenaikan.. Alhamdulilah ditrimester ini semuanya baik2 saja, baik ibu dan juga si dedek yang diperut, bahkan gerakan2 si dedek sudah berasa diperut.

Adapun beberapa jadwal kontrolku saat trimester 2 ini:

Pertama, tanggal 4 Juli 2015

Berat badan masih tetap 43 kg (kayaknya karena puasa juga sih jadi berat badan masih segini2 aja).

Kedua, tanggal 30 Juli 2015

Seharusnya jadwal kontrol 1 Oktober 2015, tapi sengaja dimajuin 2 hari lebih cepat karena malam tgl 29 sampai siang harinya pun aku ngalami kram perut yang lumayan menyakitkan sampai2 ku putuskan untuk bedrest total gak ngapa2in dirumah saat itu. Akhirnya pada tanggal 30 suami memutuskan untuk cuti dan mengantarkanku untk ngecek ke dokter dan Alhamdulillah kata dokter baik2 saja, hanya saja mungkin kecapain. Untuk berat badanku sudah naik jadi 47 kg.

Hasil usg dedek:
BPD (Ukuran diameter tulang pelipis kiri dan kanan) : 4.21 cm
GA : 18W5D
EDD : 26-12-2015 (maju sehari)


Ketiga, tanggal 5 September 2015

Berat badan nambah lagi jadi 51 Kg. Selain diperiksa dgn usg, suster memeriksa janinku terlebih dahulu menggunakan dopler. Padahal sebelum2nya hanya diperiksa dengan usg aja, jadi pas diperiksa pake dopler amazing aja bisa denger langsung detak jantung si dedek. Oh iya, selain itu, aku juga disuruh periksa darah dan air seni di laboratorium oleh dokter. Jadi selesai dari dokter, aku langsung cus ke lab untuk diambil sampel darah dan air seninya dan untuk hasilnya sendiri aku ambil dibulan depan pas kontrol selanjutnya.

Hasil usg dedek:
BPD : 5.87 cm
GA : 24W
EDD : 26-12-2015

Trimester 3 awal (Usia 28 Minggu)

Trimester ke-3 ini gerakan dedek bayi aktif banget. kadang tengah malam aku sampe terbangun karena gerakannya yang berasa banget diperut. Selain itu beberapa keluhan sudah mulai muncul ditrimester ini, yakni:
1.Sering pipis
2.Heartburn atau rasa panas didada/ulu hati
Heartburn ini rasanya nyeri banget. Bahkan kadang tengah malam pun aku terbangun karena rasa sakit ini. Saran dari bidan untuk mengatasi ini salah satunya makan dengan porsi sedikit tapi sering dan juga biasanya kalo heartburn ini timbul biasa aku segera berbaring untuk meredakan sakitnya.
3.Sakit pinggang
4.Tidur malam tidak nyenyak

Di trimester ini juga, aku mencoba beralih ke bidan yang memang dari awal kehamilan pinginnya kalo bisa lahirannya dirumah aja dengan seorang bidan atau klo gak memungkinkan dirumah, yah gak apa2 dirumah bersalin asalkan dengan bidan saja. Tapi untuk kontrol ke dokter tetap aku lakuin. Alhamdulilah akhirnya ketemu juga dengan seorang bidan yang alamatnya gak begitu jauh dari rumah

Jadwal kontrol ditrimester ini :


Pertama, tanggal 3 Oktober 2015 (Dengan dokter)

Berat badanku nambah menjadi 54 kg. Selain itu seperti yang aku bilang sebelumnya bahwa di kontrol sebelumnya aku disuruh cek darah dan air seni,maka di kontrol yang ini dokter ngebacain hasil labku yg udah keluar. Alhamdulillah hasilnya semua normal dan baik, hanya saja kadar HB aku yang pas2an banget jadi jangan sampai waktu lahiran nanti malah turun, bahkan kalo bisa harus naik. Untuk posisi kepala dedek kata dokter sudah bagus karena posisi kepalanya udah dibawah mengarah kejalan lahir. Selain itu posisi plasenta juga tidak menutupi jalan lahir.

Hasil usg dedek :
BPD : 7.07 cm
GA : 28W
EDD : 23-12-2015 (maju lagi 3 hari)

Kedua. Tanggal 4 Oktober 2015 (Dengan Bidan)

Seperti yang aku bilang diatas, ditrimester ini aku mulai beralih ke bidan juga dan ini baru pertama kali ke bidan. Alhamdulillah dari rumah ke sana bisa lewat jalan kecil gitu jadi berasa lebih dekat dan gak kena macet sama sekali. Pertama kali kesana ternyata ramai juga, ada beberapa bapak2 alias suami2 para bumil yang lain lagi nunggu istrinya periksa dan usut punya usut ternyata selain periksa si bumil2 ini habis yoga hamil sebelumnya. Pantesan saja! Dibidan ini memang mengadakan kelas yoga disetiap hari sabtu dan minggu. Jadi, para bumil yang kontrol kesini bisa ikutan yoganya sekalian. Tapi tetap harus daftar dlu sehari sebelumnya via wa, takutnya kuotanya udah penuh, karena memang tempatnya yang terbatas.

Karena baru pertama kali dan memang aku ujug2 aja dtg tanpa buat janji sebelumnya, jadi aku nunggu para bumil2 yang lain selesai periksa baru datanglah giliranku diperiksa. Bidannya ramah dan pro banget untuk bumil lahiran normal, Karena emank beliau seorang yang faham dan mendalami tentang konsep gentle birth. Awalnya kenapa aku pingin lahiran dibidan bukan karena konsep gentle birthnya, melainkan memang aku rada kurang nyaman dengan suasana rumah sakit. Dari kehamilan pertama yang sempat keguguran memang sudah berniat untuk lahiran maunya sama bidan saja selama kehamilanku baik2 saja dan suami pun menyetujuinya. Itu pun aku belum mengenal konsep gentle birth. Namun dikehamilan sekarang ini, karena rajin seluncur diforum2 kehamilan akhirnya berkenalan juga dengan konsep gentle birth dan rasanya pas banget dengan apa yang aku inginkan selama ini ditambah lagi ketemu sama salah satu bidan praktisi gentle birth.

Bu bidan banyak ngasih nasehat tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan kalo mau lahiran normal, salah satunya yang paling simpel untuk dilakuin yaitu harus rajin jalan kaki ditrimester 3 ini. Karena dengan jalan kaki bisa menguatkan otot2 yang dibutuhkan dalam persalinan sehingga mempermudah proses persalinan. Selain itu, aku juga disarankan untuk mengkonsumsi buah bit karena kandungannya bagus untuk meningkatkan kadar HB. Alhamdulilah aku langsung sreg sama bidan ini dan berniat untuk kontrol selanjutnya kesini sekaligus ikut kelas yoganya.

Itulah pengalaman yang aku alami ditrimester 1,2 & 3 (usia 28 Minggu) kehamilanku. Meski rasanya kadang lelah dan tak nyaman, tapi semua tergantung kita menyikapinya. Dukungan suami juga jadi faktor terpenting selama masa kehamilan ini lho. Pak suami ini juga gak kalah heboh sama istrinya, yang gak pernah absen menemaniku kontrol bahkan hampir setiap kontrol yang paling bawel nanya ini itu ke dokter dan bidan sapa lagi kalo bukan pak suami. Rasa lelah dan tak nyaman itu tak ada apa2nya dibandingkan melihat perhatian suami yang begitu besar, apalagi ketika merasakan gerakan2 si dedek di perut. Rasanya benar2 amazing bisa merasakan setiap gerakannya meski hanya merabanya diatas perut. Apalagi setiap mengelus-elus perut, sontak ia pun langsung bergerak seakan2 ia menyambut setiap panggilan kita. Ahh..gak sabar rasanya menunggu hari H nya tiba dan menyaksikannya langsung setiap saat. Semoga sehat selalu ya nak didalam sana.

Lebaranku tahun ini ( 1 Syawal 1436 H)

Lebaran tahun ini agaknya berbeda dng tahun2 sebelumnya. Seperti biasa klo sebelumnya setiap mendekati lebaran diriku sudah bersiap2 untuk mudik ke kalimantan alias pulang kampung untuk berlebaran dengan seluruh keluarga disana. Memesan tiket pun pasti sudah jauh2 hari kulakukan, membeli segala macam pesanan/titipan saudara juga tak lupa membeli oleh2 untuk mereka.

Tapi tidak untuk tahun ini. Karena status yang memang sudah tak single lagi begitupun keluarga yang otomatis nambah karena ada keluarga suami dan hampir seluruh keluarga besar suami memang ada dijakarta, so lebaran ini kita memutuskan untuk tak pulang kampung dulu dan memilih berlebaran di jakarta sajah sehingga persiapannya pun gak seheboh kalo mau pulkam.

Kita yang bermukim didepok hanya menempuh satu jam perjalanan saja ke daerah tebet dengan kendaraan bermotor. Bahkan jakarta dan depok yang sudah sepi karena hampir separuh penduduknya mudik membuat jalanan begitu lengang dan tak ada kemacetan sama sekali.

Dilebaran ini pertama kalinya aku berlebaran dengan menu rendang dan ketupat sayur, karena memang pada dasarnya ibu mertua asli orang padang, maka sudah jadi makanan wajib disetiap kali lebaran dan memang rendangnya maknyooos banget bikin aku ketagihan,hihi…pokoknya tahun depan harus bisa buat rendang nih *fighting* Kalo dikalimantan pun menunya juga ga kalah enak, cuma ya jarang bgt nemuin menu rendang ini. Makanan khas lebaran disana yang ga kalah maknyusnya itu dan bikin ngangenin bgt yaitu buras juga soto banjar buatan mamaku,hmm…yah dua makanan itu menu wajib dirumah setiap lebaran. Tak hanya dirumahku, hampir setiap tetangga2 sekitarku yang tak mudik pun seringnya buat buras. Yang membedakan hanyalah sajian pelengkap burasnya. Ada yang menyantap buras ini dengan kuah santan pake telor/ ayam/ ikan, bumbu sate, opor ayam, ayam/daging masak merah, dendeng daging dsb.

Sedangkan ketupat biasanya baru ramai dibuat satu minggu setelah lebaran atau istilahnya bagi tradisi dikampungku teruntuk bagi mereka orang2 jawa disebut lebaran ketupat. Bahkan terkadang tak hanya orang jawa yang merayakan tradisi lebaran ketupat ini, sebagian yang bukan orang jawa pun kadang ikut membuat ketupat.

Selain itu yang sangat berbeda pula dilebaran ini adalah tak ada anak kecil yang biasanya ramai2 datang kepadaku untuk meminta angpao . Yak, karena dikeluargaku ponakanku dan banyak sepupu aku yang masih kecil2, jd setiap lebaran pasti mereka beramai2 meminta angpao pada acil, paman dan kakak2 sepupunya yang sudah kerja termasuk aku yang jadi sasaran,hoho….sedangkan di keluarga suami memang kami belum memiliki ponakan dan suami pun termasuk salah satu sepupu yang termuda karena memang ibu mertua adalah anak terakhir dari 4 bersaudara. Beda banget sama aku yang diantara para sepupu2, aku adalah salah satu yang tertua sedangkan sepupu yang lain masih ada yang balita, SD, SMP, SMA, Kuliah, tuh kan lengkap bgt semua jenjang ada,hahaha….

Terakhir dilebaran ini pula ku bersyukur meski tak bisa berkumpul dengan keluarga besar dikalimantan, tetapi di lebaran ini ada seseorang yang mendampingiku dan mengimamiku sekarang dan untuk kedepannya. Tetap tak merasa kesepian karena lebaran dijakarta pun tetap seru.
Dan sebelumnya meski sudah rada telat karena lebaran udah lewat tetap mau ngucapin “ Selamat hari raya idul fitri,minal aidzin walfa idzin mohon maaf lahir dan batin :)”

m.indobolanews.com

m.indobolanews.com

H1 Ramadhan : umur 1/4 abad

Selama 5 bulan terakhir ini sama sekali tak pernah membuat status apapun di sosmed, mau itu facebook, bbm, whatsapp bahkan line,instagram keduanya aku hapus dan juga salah satunya ya blog ini yang tak terjamah sama sekali oleh diriku *tutup muka*

Semenjak jadi IRT (istri rumah tangga) full harusnya lebih bnyak waktu donk yak buat ngisi blog tapi sebaliknya diriku malah vakum alias malas. Tak tahu entah kenapa setiap buka notebook dan mau ngisi blog tetiba semua ide koq buyar byaar gitu aja. Akhirnya lapak ini pun berasa usang dan tak terurus sama sekali bahkan ngeliat post terakhir aja udah lama banget euy udah januari yang lalu,ckckckck…

Kemudian beberapa hari yang lalu salah satu teman ada yang nanya alamat blog aku, karena dia baru buat blog dan lagi semangat2nya buat ngeblog jadi ikutan semangat juga deh.hihihi… itung2 hari ini udh masuk umur ¼ abad *ih tambah tuak yak diriku* ingin bisa memperbaiki segala halnya menjadi lebih baik lagi *Amien YRA* ya salah satunya mau rajin ngeblog lagi insha Allah. Mangkanya pagi2 ini dengan semangat dan tekad yg udah dikumpulin dari kemarin2 pokoknya besok harus ngepost, harus ngeblog akhirnya terlaksana juga,hihihi.. apa kabar semuanya? Semoga baik dan sehat selalu buat teman2, bener2 kangen sm semuanyaaa😀

Karena hari ini bulan pertama di bulan ramadhan, aku mau mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa buat yang menjalankannya dan mohon maaf lahir batin semuanya. Semoga tahun ini bisa benar2 meraih kemenangan dibulan yang penuh berkah ini dan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepannya. Amienn.

Kebetulan di hari pertama bulan puasa ini umurku juga sudah memasuki umur ¼ abad. Yak setiap tanggal 18 juni rasanya selalu menjadi alarm untukku. Mengingatkan usiaku yang tak muda lagi, tentang apa yang sudah kulakukan selama ini dan apa yang harus kulakukan kedepannya untuk menjadi lebih baik dan berguna bagi sesama dan semesta dengan jatah umur yang ku tak tahu sampai kapan Tuhan memberiku hidup. Harapanku pun masih sama seperti dua tahun yang lalu hanya ingin terus mencintai, terus dan terus.

Dan sahur tadi pun dapat surprise dua kue sekaligus. Satu dari suami, Meski nih orang kagak ada romantis2nya. Liat aja ucapan ultah dikuenya, “Happy birthday ami” tuh masa pake tulis nama? Udah kayak ngasih ucapan ke teman. Kenapa gak pake my love, istriku, sayangku, ato apalah?*ngarep.com*hahaha..tapi yak itulah dia. Emank bukan sosok yang romantis tapi tetap selalu penuh perhatian dan always care. Dan satunya dari mertua dan ipar yang kayaknya sengaja datang dari kemarin sore untuk ngasih kejutan kue *narsis.com* Lalu tadi pagi juga dapat ucapan selamat dari mama, adek dan ponakan dikalimantan. Meski hampir 9 tahun tak pernah merayakan ultah dikampung halaman, tapi ku tak pernah merasa sepi karena mereka disana pun tak pernah lupa untuk mengucapkan selamat bahkan iringan doa yang tak henti2 untukku disini. I Love you all

wpid-photogrid_1434594733512.jpg

Oh iya, lucunya semua pada naruh kue ultahnya dikulkas, kan kerjaan aku gak lepas dari bolak balik kulkas, so udah keliatan banget dari semalam,hihi..tapi tetap rasanya senang banget bahkan gak berkurang sedikit pun koq meski kuenya udh ketahuan duluan,hahaha..

Maaf

pic pinjam mobavatar.com

pic pinjam mobavatar.com

Maaf..
tak seharusnya ku marah padamu
hanya karena egoku yang tinggi
tak mau memahami dirimu sepenuhnya

Maaf..
tak seharusnya ku membalasmu
membiarkanmu sendiri
bahkan tak membalas senyummu sedikit pun

Maaf..
maafkan aku
semarah apapun aku
setinggi apapun egoku
kamu tak pernah membalasku
pelukan dan senyumanmu harusnya membuatku sadar
bahwa tak sepantasnya aku begitu marah padamu
Sekali lagi maafkan aku

Dia yang gugur

Diakhir tahun baru 2014 kemarin, aku harus merelakan janin aku utk yang pertama kalinya dalam hidup aku dan semoga2 tak akan pernah terjadi lagi. Sedih? ya pastinya sedih banget karena aku merasa gagal menjaganya utk tetap bisa tumbuh dan berkembang. Pas di usia 12 minggu, pada hari sabtu 27 desember 2014 lalu dia gugur dengan sendirinya. Sempat kaget dan takut dengan rasa sakit yang bener2 tak pernah kubayangkan sebelumnya, yang awalnya hanya sakit perut biasa, namun lama kelamaan mulesnya mulai menjadi2 hingga si janin keluar dan saat itulah sakitnya mereda dan kusadari pula bahwa aku telah keguguran. Aku terdiam sesaat dikamar mandi menaruh gumpalan daging itu disamping kloset,setelah itu ku ke kamar utk memberitahu abang kalo aku keguguran. Ku suruh dia melihat sang calon janin yang tak jadi itu karena aku hanya bisa tersedu2 disamping ranjang karena merasa gagal. Abang hanya memelukku dan mencoba menenangkanku, tapi ku tahu ia pun sedih dan kecewa. Nasi telah menjadi bubur, ku tak bisa berbuat apa2, aku cuma harus bisa menerima bahwa calon bayi itu telah pergi.

Sampai dengan kontrol selasa minggu lalu aku belum dinyatakan suruh kuret sama dokter karena janin sdh keluar sendiri. Hanya sisa2 darah yang menempel didinding rahim yang insha Allah akan luruh dengan sendirinya setelah minum resep obat dari dokter. Tetapi tetap harus kontrol lagi untuk memastikan bersih atau belum si rahim ini sekaligus pesiapan untuk promil lagi insha Allah. Sedih rasanya kalo ingat2 lagi, tapi ya sudahlah, mungkin belum rejeki aku, yang terpenting saat ini aku harus banyak belajar lebih baik lagi kedepannya.

Oh waktu

Seandainya waktu lebih dari 24 jam
betapa banyak waktu tuk bisa bersamamu
Kita bertemu hanya dikala sisa-sisa energi telah terkuras
disaat mata ini telah menuntut haknya
Hanya obrolan2 kecil yang kita lakukan
yang sanggup ku ucapkan disisa lelahku setelah seharian penuh tanpamu
Kau pun selalu, dengan kecupan didahiku sebagai tanda ucapan selamat tidurmu
Ku tahu, itu semua konsekuensi dari pilihan kita
Bukan karena hilangnya rasa cinta atau pun tak kepedulian kita
melainkan karena kita peduli satu sama lain
Sabtu minggu selalu jadi hari favoritku saat ini
meski kadang tak selalu luang
Tapi setidaknya ku bisa bersamamu lebih banyak dibanding hari-hari lainnya
Oh..waktu
Kapankah kau bersahabat denganku?
ku tahu bukan karena terbatasnya waktu
hanya saja ku yang tak pintar menghargainya
Oh Tuhan maafkan aku yang tak mensyukuri nikmatmu ini
padahal ku tahu alasan kenapa waktu terbatas
Ya, ku tahu..supaya setiap saat itu berharga*
Aaaah..betapa bodohnya aku
haruskah ku terus mengeluh tentang waktu?
Tidak! harusnya ku bersyukur
ku bersyukur Tuhan selalu mengabulkan doaku untuk selalu menjagamu diluar sana
Tahukah kamu? betapa takutnya aku melihat para pengendara diluar sana?
Tak peduli kapan pun kau pulang, kapan pun kau datang
berharap kau selalu pulang tanpa ada yang kurang sedikitpun
Cukup bagiku kecupan didahi ini sebagai tanda bahwa kau pulang dengan selamat
bahwa itu seharusnya adalah momen paling berhargaku
bahwa disetiap mata ini terbuka kau selalu ada disampingku
Tak penting banyak sedikitnya waktu
karena yang terpenting adalah bagaimana menghargai setiap momen ini
momen bahwa kau ada disisiku saat ini

*kutipan diambil dari buku the time keeper karya mitch albom

Inikah ikhlas??

Mungkin terlalu dini untukku mengerti sebuah ketulusan
terlalu sedikit pengalamanku tentang arti sebuah keikhlasan
hanya karena kasih sayangku kepadamu
bahkan kepercayaan penuhku padamu
yang sungguh membuatku tak pernah berpikir tentang kurangnya dirimu
bahkan ku tak peduli apa kata mereka tentangmu
itu hanya karena kasih sayangku padamu
Tapi apa yang kau lakukan padaku kemarin?
kau meruntuhkan segala bentuk kepercayaanku
kau yang selama ini menjadi tempat ku mengadu
tempatku bercerita segala halnya
seakan menusukku dari belakang
hanya karena seonggok materi
yang kau bilang ikhlas
yang kau bilang tulus
ku tak butuh pamrih
ternyata semua itu bohong belaka
kau ciptakan berbagai bentuk kepalsuan
membuatku begitu malu, marah dan kesal
sikapmu sungguh membuatku kecewa
sangat sangat kecewa
yah, mungkin ku terlalu bodoh untuk mengerti sebuah keikhlasan
ikhlas bukan berarti tanpa pamrih
tetap, disetiap keihklasan harus ada pamrih
itulah, “katamu”

Sup krim ayam Jagung plus bayam

Dari judul diatas udah pada tahukan yak ini postingan pasti mau pamer *gaya!* masakan??hihi..yup bener sekali. 2 tahun lebih ngewipi kalo nggak salah postingan resep masakan itu cuma 2 deh, yang pertama waktu nyoba bikin salad yang padahal gampang bingit kalo kata kebanyakn orang tapi entah kenapa salad perdana daku malah gagal total sampe2 sekarang daku pun nggak pernah niatan mau buat2 salad lagi,huhu..dan yang kedua adalah perkedel jagung yang lumayan berhasil meski rasanya rodo asin. Nah, setelah itu, nggak pernah lagi mosting2 soal masak2an, yak karena emank daku nggak pernah masak sih *ngikikmalu*

Trus Sekarang ini karena ada si Abang di rumah, ya daku harus masak donk yak dan untungnya si Abang sih bukan orang yang rewel soal makanan beda banget sama bininya yang nggak mau makan sambal ulek, ikan, kalo ayam nggak mau kalo bukan dada,hadeeeehhh…rewel bener yak! *jitak diri sendiri*

So, karena dari kemarin masaknya kebanyakan bahkan hampir selalu tumis2an dan goreng2an, ya daku bosan jugalah *sapa jg yang masak?* akhirnya sambil merenung tadi sore depan komputer, ngutak ngatik gugel eh keinget sup krim ayam jagung buatan teman yang sepertinya bisa jadi menu buat malam, yes! sambil ngelanjutin ngutak ngatik gugel baca2 resep sup krim, ngapalin bahan2 dan cara membuatnya satu persatu *mbok yak ditulis toh yak* saking malesnya mau nyatat dan jadilah sup krim ayam jagung daku yang ala kadarnya,taraaaaaa……

2014-09-24 20.08.50

Oke, ituh dia Sup krim ayam jagung buatan daku malam ini. Yuk marih diliat bahan2 dan prosesnya,cekidoooooottttt…..

Bahan-Bahan:
1. Dada ayam yang sudah direbus secukupnya
2. Jagung manis 1
3. Bayam
4. Kaldu ayam
5. Bawang bombay
6. Bawang putih
7. Daun bawang (jika suka)
8. Garam
9. Lada bubuk
10. Susu bubuk (dicairkan dahulu)
11. Tepung maizena (dicairkan dahulu)
12. Margarin

Cara membuat:
1. Dada ayam yang sudah direbus potong suwir2.
2. Rebus air kaldu ayam, jagung dan bayam sampai mendidih.
3. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin.
4. Masukan tumisan bawang bombay dan bawang putih ke dalam rebusan air yang mendidih kemudian masukkan juga ayam suwir2nya dan aduk terus.
5. Masukkan susu bubuk yang sudah dicairkan, garam, lada dan aduk rata.
6. Setelah itu kecilkan api dan masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dan aduk perlahan.
7. Tunggu beberapa menit, lalu angkat dan sajikan dengan taburan daun bawang.

NB: Nggak harus pakai bayam, kebanyakan emank nggak pakai sih. Daku pakai bayam karena pingin aja, manteman bisa kombinasikan sama apa aja sesuai selera, kayak jamur atau wortel ya sesuka manteman deh.hehe..

Let life surprise you

Hampir 2 bulan tak menyentuh rumah tercinta ini, aaahh kangennya jangan ditanya deh!hihi.. bukan bermaksud mengabaikan cuma emank lagi rempongnya setengah hidup deh nyiapin pernikahan kemarin *lap keringat* Eits.. Apa? What? jadi ceritanya udah nikah nih?
Hihi..Alhamdulillah akhirnya sampai juga daku dimomen ini tepatnya tanggal 7 agustus kemarin *ngikikmalu*

Setelah married, ternyata kerjaan makin banyak yak? haha…yaiyalah sekarangkan nggak hanya ngurus diri sendiri, pan sekarang nambah harus ngurusin misua. Yak, walopun awal2 rada kagok aja tapi seru jugak sih, berasa ibu2 rumah tangga,haha..*lha emank iya kan skrg??*

Kalo dulu bangun tidur bisa siang sampai jam 9an dan nggak pernah mikirin yang namanya sarapan pagi, eh skrg mentok2 bangun jam stengah 7 trus buat sarapan deh buat misua,hahai.. padahal selama masih single, masak pun rasanya bisa dihitung jari saking malasnya daku sama pekerjaan yang satu ini, ehtapi setelah married, mau tak mau harus dilawan rasa malas ini. Masa jajan mulu diluar, bisa boros kan bo’?? kalo masakkan setidaknya bisa lebih hemat gituuuhh,hihi..

Trus kerjaan gimana setelah married? Kalo kerjaan sih nggak masalah, cuma untuk ketempat kerjanya ini, ya ampuuuunn jauh kali dari rumah yang daku tempati sekarang. Daku harus naik 2 kali angkot untuk bisa sampai ke kampus dan itu pun harus berangkat dari rumah jam 8 pagi. Sedangkan dulu kalo berangkat jam 9 kurang 5 menit,itu pun mata merem juga nyampe kali yak,haha..kan dulu tinggalnya diasrama, jadi nggak pake acara naik2 angkot segala.

Yuah begitulah daku sekarang, meski dalam beberapa hal sudah tak sama lagi seperti yang dulu (wkt masih single), tapi bukan berarti itu tak menyenangkan, menurutku jauh lebih menyenangkan dan penuh kejutan. So, masih menunggu kejutan dihari2 berikutnya.😀

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 317 pengikut lainnya